Tips Menyiapkan Makanan di Bulan Ramadan

Tips Menyiapkan Makanan di Bulan Ramadan

Di bulan Ramadan, banyak orang yang menghabiskan waktunya di dapur dan menjadi kelelahan saat menyiapkan makanan. Padahal dengan tips yang tepat, waktu yang dihabiskan bisa digunakan untuk melakukan ibadah. 


Amanda Saab, kontestan Masterchef Amerika musim ke-6 memberikan tips menyiapkan makanan yang simpel. Berikut tipsnya:


1.Tetaplah simpel. Kita cenderung berpikir bahwa kita akan makan banyak saat berbuka dan sahur. Padahal tidak!


2.Rencanakan menu makanan dengan memasukan bahan makanan penting seperti protein, karbohidrat kompleks dan sayuran. Dengan cara ini kita memastikan mendapatkan nutrisi yang tepat tanpa harus membuat beberapa makanan pembuka dan pendamping.


3.Buatlah daftar rencana makan untuk seminggu ke depan. Ini akan menghindarkan kebingungan "mau berbuka dengan apa." Daftar menu juga membuat kita lebih mudah saat berbelanja. Berbelanjalah bahan makanan untuk makanan yang ada di daftar. 


4.Pilih menu sehat yang ringan. Saat Ramadan, menjaga kesehatan tentu penting. Karena itu pilih menu yang terbebas dari gorengan, makanan berlemak, terutama saat waktu singkat antara matahari terbenam dan matahari terbit.


5.Masak sesuai musim. Kunjungi pasar lokal dan buat hidangan menggunakan buah-buahan dan sayuran segar sesuai musim.


6.Buat beberapa makanan seperti rendang, cap cay, ayam goreng dalam jumlah besar. Ambil sebagian untuk dimakan saat ini, lalu dinginkan sebagian untuk dipanaskan kembali di minggu berikutnya. Ini akan menghemat waktu sekali. 


7.Berbagilah bila ada makanan sisa dengan tetangga, saudara atau mereka yang membutuhkan. Atau kamu bisa mengolah kembali makanan sisa menjadi makanan baru. Jadilah kreatif.


8.Memasak tidak harus kamu lakukan sendirian. Ajaklah anggota keluarga lain untuk ikut serta mempersiapkan makanan berbuka dan sahur. Waktu memasak pasti akan lebih menyenangkan karena dilakukan bersama-sama.


Asri

Foto: Asri