Sungai Cheonggyecheon, Tempat Wisata Gratis di Pusat Kota Seoul

Sungai Cheonggyecheon, Tempat Wisata Gratis di Pusat Kota Seoul

Tempat wisata satu ini gratis, tapi bagus dan banyak spot foto keren. Letaknya juga di pusat kota Seoul, dekat dari City Hall dan Istana Gyeongbok, jadi mudah dicapai darimana-mana. Nama tempat wisata ini adalah Sungai Cheonggyecheon. 


Di antara gedung-gedung tinggi Seoul, ada aliran sungai yang menenangkan dengan air yang bersih dan bening. Sungai Cheonggyecheon bagus didatangi di setiap waktu. Saat pagi hari saat suasana masih tenang, di siang hari ketika banyak pekerja kantoran beristirahat di sini, bahkan di malam hari dengan kerlipan lampu warna-warni.


Sungai Cheonggyecheon memiliki jalur untuk pejalan kaki sepanjang 10,79 km di setiap sisinya. Ada tempat duduk yang bisa dipakai duduk-duduk atau bahkan menikmati cemilan dan minuman. Di tengah sungai ada pijakan yang digunakan untuk bermain air. 




Sungai Cheonggyecheon sudah ada sejak zaman Dinasti Joseon ratusan tahun lalu. Awalnya bernama Gaecheon yang berarti "aliran terbuka". Pada masa itu sungai ini dimanfaatkan untuk pengairan. 


Mengikuti pembangunan kota Seoul, Sungai Cheonggyecheon pun berubah. Awal pembangunan wilayah sekitar sungai menjadi kumuh, belum lagi dibangun jembatan layang di atas aliran sungai. 


Namun, pemerintah kota memutuskan untuk memperbaiki wilayah ini dan membangun ekosistem buatan baru sebagai pelengkap. Hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun, Sungai Cheonggyecheon pun berubah wujud. Pada 2005, Sungai Cheonggyecheon kembali dikenalkan ke publik Seoul.


Buat yang tertarik untuk melihat perubahan dari Sungai Cheonggyecheon, bisa berkunjung ke Cheonggyecheon Museum yang letaknya di sekitar sungai. 


Menyusuri sungai yang pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo pada 2018 ini sangat menyenangkan. Mendengarkan suara genericik air dan melihat pemandangan hijau bisa untuk menghilangkan penat. 



Tapi kalau kamu punya waktu terbatas saat berkunjung ke sini, cobalah untuk pergi ke area di dekat Cheonggye Plaza dan Air Terjun Cheonggyepokpo yang sangat indah di malam hari. 


Di musim panas, daerah sekitar Jembatan Gwansugyo, satu dari 22 jembatan yang melintasi Sungai Cheonggyecheon menjadi daerah favorit. Banyak mahasiswa dan pekerja kantoran yang nongkrong dan menghabiskan malam musim panas. 


Asri

Foto: Asri Mirza