Serunya Berburu Street Art di George Town, Penang

Serunya Berburu Street Art di George Town, Penang

Pulau Penang di Malaysia menjadi sebuah tujuan wisata yang banyak diminati turis. Selain untuk wisata medis dan kuliner, banyak turis mengunjungi Penang adalah untuk berfoto dengan mural atau street art yang berada di George Town, sebuah kawasan kota tua di Penang. 

 

Karya Ernest Zacharevic yang Ciamik

 

Setelah UNESCO menobatkan George Town, sebuah wilayah di Penang, sebagai warisan dunia, pemerintah mulai mempercantik kota dengan berbagai street art di jalanan George Town. Pemerintah mulai mengadakan berbagai acara dan festival yang bisa mendatangkan turis ke George Town. Yang paling besar dan terkenal adalah George Town Festival. 



 

Pada tahun 2012, seniman asal Lithuania, Ernest Zacharevic membuat mural yang kemudian sangat terkenal. Dua anak bermain ayunan, seorang anak dengan motor besar, anak lelaki yang berdiri di atas kursi, dua anak sedang naik sepeda menjadi sangat terkenal dan kemudian menjadi ikon Penang. Pengunjung rela untuk antri demi bisa berfoto dengan mural karya Ernest ini. Sayang, beberapa mural karyanya mulai memudar gambarnya. 



 

Pasang Mata untuk Menemukan Street Art

 

Selain karya Ernest, ada juga mural karya seniman lainnya. Buka mata lebar-lebar saat berjalan menyusuri jalanan tua di George Town ini. Karena tiba-tiba saja, mural seorang pedagang sayur keliling, mural kucing besar atau mural anak kecil dan penjaja susu soya muncul dihadapan kita. Mural yang sangat indah dan dibuat dengan sangat detail. 



 

Selain mural, ada juga street art dalam bentuk instalasi besi berbentuk karikatur dan tulisan-tulisan lucu. Instalasi ini memperlihatkan kehidupan masyarakat Penang dengan cara yang lucu dan menarik. Ada instalasi mengenai penjual nasi kandar. Bagaimana dia mencoba untuk mengangkat dagangannya yang berat, menarik untuk dilihat. Ada pula instalasi mengenai berbaurnya beragam budaya yang mewarnai George Town. 



 

Siapkan pose seru, biar foto kamu dengan mural di George Town mendapat like banyak di social media!

 

Asri Mirza

Foto: Asri