Senangnya, Kini Shaburi & Kintan Buffet Sudah Bersertifikat Halal

Senangnya, Kini Shaburi & Kintan Buffet Sudah Bersertifikat Halal

Pecinta makanan Jepang di Indonesia kini bisa bernapas lega. Pasalnya, salah satu restoran waralaba yang menyajikan makanan Jepang, Shaburi & Kintan Buffet kini sudah mendapatkan sertifikat Halal dari LPPOM MUI. Shaburi & KIntan Buffet merupakan restoran all you can eat shabu-shabu dengan konsep one pot style pertama di Indonesia. Dengan satu panci seperti ini, setiap pengunjung dapat menjadi chef untuk dirinya sendiri.

Di Jepang, konsep restoran seperti ini sudah dikenal luas. Namun, pemilihan bahan baku, pengolahan dan penyajian makanannya masih jauh dari konsep halal. Karena itu, ketika masuk pasar Indonesia, restoran ini melakukan beberapa adaptasi. “Mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, maka sertifikat halal akan sangat membantu memberikan rasa nyaman dan aman saat pengunjung mengonsumsi makanan yang kami sajikan,” ungkap Presiden Director Boga Gorup, Kusnadi Rahardja, di acara konferensi pers pada Selasa 2 Juli 2019 di kawasan Sudirman, Jakarta.

Dalam proses mendapatkan sertifikat Halal, Shaburi & Kintan Buffet membutuhkan satu setengah tahun sebelum akhirnya resmi mengantongi sertifikat halal. Alasannya karena ada bahan baku hidangan yang kurang sesuai dengan standar halal.“Ada materi atau bahan yang diganti, ada juga bumbu yang kami hilangkan. Kami juga melakukan tes, karena meski ada perubahan, kami ingin rasanya tetap autentik,” jelas Kusnadi Rahardja.

Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim mengapresiasi Shaburi & Kintan Buffet yang mengajukan aplikasi kepada LPPOM MUI ditengah minimnya restoran asing yang bersertifikat halal. “Kami tahu tidak mudah untuk mengganti beberapa bahan. Apalagi bahan dari makanan yang tidak familier dengan konsep halal. Namun, Shaburi & Kintan Buffet bisa lolos, bahkan mendapat predikat excellent,” ujar Lukmanul Hakim.

Noni Anisah Ramadhani, salah satu public figure yang akrab disapa Donita, turut berbahagia atas tercapainya sertifikasi halal ini. Sebagai konsumen muslim, ia sangat menekankan pentingnya konsumsi produk halal. “Dengan adanya sertifikat halal ini semakin menambah keyakinan dan kenyamanan saya untuk mengajak keluarga saya makan di resto ini,” ungkapnya. Dalam kesempatan ini, Donita juga mencoba scan QR Code resto Shaburi & Kintan Buffet yang diinisiatif LPPOM MUI. Ia mengakui, teknologi ini sangat memudahkan konsumen dalam mengecek kehalalan suatu resto. (Asri Mirza)