New Normal Menginap di Hotel Usai Pandemi

New Normal Menginap di Hotel Usai Pandemi

Pandemi covid 19 yang melanda seluruh dunia telah membuat industri perhotelan terguncang. Himbauan untuk berdiam diri di rumah dan tidak bepergian membuat kamar-kamar hotel kosong, dan otomatis pemasukan hotel pun berkurang. 


Usai pandemi nanti, banyak peraturan dan protokol baru yang dilakukan. Termasuk industri perhotelan yang memiliki aturan baru untuk tamu. 


Dilansir dari Lonely Planet, hotel akan mempunyai aturan dan protokol baru ketika tamu menginap di hotel. Berikut aturan barunya:


Kebersihan yang Lebih Seksama

Semua orang tentu tahu bahwa hotel mempunyai standar kebersihan yang bagus. Namun, setelah pandemi berakhir, kebersihan hotel harus diperhatikan lebih seksama. Pihak hotel harus membersihkan semua area dengan rutin dan seksama sesuai protokol kesehatan Covid-19 mulai dari area kamar tamu, ruang pertemuan, dan ruang umum, serta area belakang hotel.


Menyantap Makanan

Sarapan prasmanan yang disediakan hotel sepertinya akan menjadi kenangan. Menghilangnya sajian prasmanan di hotel dilakukan agar orang-orang tidak menyentuh sendok dan mangkuk yang sama. Konsep take away adalah salah satu cara mengganti sajian prasmanan yang paling mungkin. 


Check In Mandiri

Resepsionis hotel yang menyambut tamu untuk check in kemungkinan akan dihilangkan. Diganti dengan prosedur check in mandiri, sehingga tamu dan staf hotel tidak perlu kontak dan bersentuhan.




Aturan di Gym dan Kolam Renang

Olahraga di gym dan bersantai di kolam renang tidak bisa bebas dilakukan usai pandemi. Karena pihak hotel akan mengatur jadwal bagi tamu yang akan berkunjung ke gym dan kolam renang. Untuk mendukung jaga jarak, alat olahraga harus berjarak dua meter satu sama lain. Sementara kolam renang harus aman dari mikrobiologis dan harus sesuai standar. 


Pemeriksaan Suhu

Tamu hotel akan dicek suhu badannya saat memasuki hotel. Tamu yang memiliki suhu 38 derajat celcius akan dibawa ke ruang pribadi untuk pengecekan lanjutan. 


Lebih Minimalis

Barang-barang hotel yang mewah juga berseni akan dihilangkan untuk mengurangi barang yang harus dibersihkan sesuai protokol kesehatan. Beberapa hotel telah menghilangkan pulpen, kertas, dan majalah. Hotel Four Season di New York, Amerika Serikat telah menghilangkan gantungan baju, linen dan bantal dari kamarnya. 


Asri

Foto: Agoda.com, All.accor.com