MUFFEST 2021 Bangkitkan Semangat Industri Fashion Muslim Indonesia

MUFFEST 2021 Bangkitkan Semangat Industri Fashion Muslim Indonesia

Pandemi Covid 19 yang menerpa dunia turut berpengaruh terhadap industri fashion Indonesia, termasuk fashion muslim. 


Menurut laporan State of Gobal Islamic Economy Report 2020/2021, tahun lalu nilai belanja produk pakaian muslim ikut terdampak dan turun 2,9 persen menjadi $268 miliar atau senilai Rp3,9 triliun. Namun angka ini diprediksi pulih di 2021 dan terus tumbuh hingga 2024.


Muslim Fashion Festival atau MUFFEST sebagai event fashion muslim ditargetkan menjadi tolak ukur perkembangan fashion muslim Indonesia. Harapan lebihnya mengantarkan Indonesia sebagai pusat inspirasi dan belanja fashion musim dunia. 




MUFFEST 2021 diselenggarakan secara hybrid, yaitu hadir offline juga online. Secara offline MUFFEST 2021 diselenggarakan pada tanggal 18-28 Maret 2021 di Kota Kasablanka Jakarta. Dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai peraturan pemerintah, masyarakat bisa berkunjung dan menyaksikan berbagai acara MUFFEST. Mulai dari fashion show, talk show juga bazaar baju muslim yang diminati publik. 


Agar dijangkau oleh masyarakat luas, khususnya dari luar daerah yang tidak bisa hadir secara langsung di MUFFEST akibat pembatasan sosial selama pandemi, MUFFEST juga hadir secara online atau virtual dan dapat diakses streaming melalui www.muslimfashionfestival.com, YouTube Channel: Muslim Fashion Festival dan Instagram Live di @muslimfashionfestival.




Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki dalam pembukaan MUFFEST 2021 berharap agar MUFFEST 2021 menghasilkan transaksi perdagangan dan kerjasama berkelanjutan. "Mari kita tingkatkan belanja produk lokal, UMKM, dan bertumbuh mendukung perbaikan perekonomian nasional,” ajaknya.


Sejumlah desainer muslim turut andil dalam ajang ini, yaitu Hannie Hananto, Monika Jufry, Deden Siswanto, Ivan Gunawan Privilege Modest, PRIYA by Dana Duriyatna, BBPLK Semarang x Putri Intan, Ria Miranda, Ichwan Thoha, Itang Yunasz, Lisa Fitria, AM by Anggiasari, Irmasari Joedawinata, ABEE, Sofie, dan Irna La Perle. 


Foto: Instagram @muslimfashionfestival