Mie Tarempa, Kuliner Khas Kepulauan Riau dengan Cita Rasa Unik

Mie Tarempa, Kuliner Khas Kepulauan Riau dengan Cita Rasa Unik

Saat berkunjung ke Kepulauan Anambas di Kepulauan Riau, jangan lupa untuk mencicipi Mie Tarempa. Kuliner khas yang merupakan mie telur yang disiram dengan kuah khas ini rasanya akan memanjakan lidah. Pasalnya, perpaduan rasa pedas, manis dan gurih tercampur dalam seporsi Mie Tarempa. 

 

Dalam satu porsi Mie Tarempa, kamu akan menemukan mie telur yang disiram dengan kuah berwarna merah kecoklatan. Ada tauge, telur dan topping berupa suwiran ikan tongkol yang membuat rasa Mie Tarempa menjadi unik. Awalnya, Mie Tarempa disajikan dengan suwiran ikan tongkol saja, namun berbagai penjual mulai menyajikan Mie Tarempa dengan aneka seafood dan daging sapi. Mie telur yang ada dalam sajian ini juga bisa diganti dengan bihun dan kwetiau.




Selain rasanya yang mencampur semua rasa, yang unik dari mie ini adalah, kita bisa memesan Mie Tarempa dalam tiga sajian, yaitu basah, lembap dan kering. Sajian ini tentu saja disesuaikan dengan selera kamu. Bila sedang ingin menyeruput kuah hangat, Mie Tarempa basah bisa menjadi pilihan. 

 

Dilihat sekilas, Mie Tarempa terlihat seperti Mie Aceh. Namun rasanya yang manis, gurih dan pedas membuat rasanya berbeda. Rasanya lebih ringan disbanding rasa Mie Aceh yang berat dengan bumbu. 

 

Menyantap Mie Tarempa akan tambah nikmat bila dinikmati dengan acar cabai hijau. Rasanya akan tambah pedas, tapi tentu saja akan tambah nikmat. 

 

Meski berasal dari Anambas, namun kuliner ini juga menjadi kuliner khas di Batam. Kamu bisa mencoba Mie Tarempa di kedai yang tim HalalStyle rekomendasikan, yaitu di kedai Mie Tarempa yang berlokasi di Pertokoan Tiban Centre Blok K No.4 dan Komp. Executive Centre Blok II No. 5-6, Sungai Panas. Selamat Mencoba!

 

Yunita

Foto: pesona.travel