Mencari Lumpia, Oleh-oleh Khas Semarang yang Halal MUI

Mencari Lumpia, Oleh-oleh Khas Semarang yang Halal MUI

Siapa yang tidak kenal Lumpia Semarang (disebut juga lunpia atau loenpia)? Makanan berupa adonan kulit tepung dengan isian rebung, telur, daging ayam atau udang ini memiliki rasa yang menarik dan tidak mudah dilupakan. Tidak heran, banyak orang dari luar Semarang ingin menikmati lumpia. Sehingga, lumpia pun menjadi oleh-oleh khas bila seseorang berkunjung ke Semarang. 

 

Perpaduan Dua Budaya

                  Lumpia hadir pertama kali pada abad ke-19. Kala itu, seorang pria asal Tiongkok bernama Tjoa Thay Joe membuka bisnis makanan berupa rolade berisi daging babi dan rebung. Kemudian dia bertemu dengan seorang perempuan asli Jawa bernama Wasih yang berjualan makanan berupa rolade namun dengan isian udang dengan cita rasa manis. 

                  Bukannya bersaing, Tjoa Thay Joe dan Wasih malah saling suka dan kemudian menikah. Makanan yang mereka jual pun ikut “menikah”. Terciptalah lumpia yang merupakan perpaduan makanan mereka dengan isian yang disesuaikan dengan lidah masyarakat Semarang yang mayoritas penduduknya Islam. 

                  Nama lumpia diambil dari nama jalan tempat pasangan ini menjual makanan mereka, yakni Olympia Park, sebuah Pasar Malam Belanda. Dilafalkan dengan lidah Jawa, akhirnya makanan ini pun disebut Lumpia yang diambil dari nama Olympia. 

 

Lumpia Semarang Halal MUI

                  Lumpia Semarang hadir dengan berbagai macam isian. Selain rebung, ayam, udang dan telur, masih banyak penjual lumpia yang mengisi lumpianya dengan isian daging babi. Hal ini tentu saja membuat umat Islam yang hendak mencari oleh-oleh khas Semarang ini harus berhati-hati. Paling mudah dan nyaman tentu saja membeli Lumpia Semarang yang sudah mendapat sertifikat halal dari LPPOM MUI. 

 

Berikut tiga Lumpia Semarang yang sudah mendapat sertifikat halal MUI. 

 


1.     

          Lunpia Cik MeMe

Sejak tahun 2017, lunpia Cik MeMe sudah mendapat sertifikat Halal MUI. Jadi tidak perlu ragu bila ingin menyantap lunpia enak, datang saja ke Lunpia Cik MeMe yang memiliki banyak varian rasa ini. 

 

Alamat:

Jalan Gajah Mada No.107 Semarang

 


2.       Java Loenpia

Java Loenpia disebut-sebut sebagai lumpia yang memadukan warisan tradisional dan modern. Untuk rasa, Java Loenpia tetap menawarkan rasa tradisional yang mengacu pada resep keluarga. Namun, tatanan outlet dan kemasan lumpia yang modern menjadikan lumpia ini berbeda. 

 

Alamat: 

Jl. Dr. Cipto 115A Blok 1. Semarang

Jl. Erlangga Raya No.2. Kawasan Simpang Lima Semarang

Jl. Simongan Raya No. 125, Semarang (samping Klenteng Sam Po Kong)

 


3.       

           Loenpia Mataram

Sekarang, Loenpia Mataram ini dikelola oleh generasi ketiga dinasti Loenpia Semarang. Tadinya, lumpia hanya dijual di sebuah gerobak, namun sekarang sudah ada tempat tunggu yang nyaman. 

 

Alamat:  

Jl. MT Haryono (Mataram) No 481 Semarang

 

Untuk mengetahui Lumpia dan oleh-oleh khas Semarang lainnya yang sudah mendapat sertifikat Halal MUI, Kamu bisa cek di Halal MUI

 

Asri Mirza

Foto: Dok. Instagram