Memukau, Ini 6 Wisata Cantik di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Memukau, Ini 6 Wisata Cantik di Lombok yang Wajib Dikunjungi

 

 

Wisata laut, gunung dan budaya bisa kamu dapatkan sekaligus saat mengunjungi Lombok. Berikut adalah enam tempat wisata di pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini.

 

  1. Pantai Senggigi

Berbeda dengan Pantai Kuta atau Pantai Pandawa di Bali yang ramai oleh turis, Pantai Senggigi lebih tenang dan nyaman. Bagi yang lebih menyukai ketenangan, pantai yang terletak di Lombok Barat ini bisa dijadikan pilihan. Sekedar duduk-duduk di pantai atau bermain air akan sangat menyenangkan. Sempatkan waktu untuk melihat matahari tenggelam, karena pemandangan turunnya sang surya di Pantai Senggigi sangat indah dipandang. 


 


  1. Gunung Rinjani

Keindahan Gunung Rinjani menjadikannya primadona wisata Lombok. Tidak hanya hijaunya pegunungan yang bisa dinikmati para pendaki, tapi kecantikan Kaldera Danau Segara Anak dan Taman Nasional Gunung Rinjani menjadi hal lain untuk dinikmati penyuka wisata alam yang menantang. Di Gunung Rinjani juga terdapat Desa Sembalun, sebuah desa wisata yang letaknya berada di ketinggian 1.156 meter di atas permukaan laut. 



 

  1. Air Terjun Kerta Gangga

Air terjun yang terletak di Lombok Utara ini memiliki dua tingkatan. Tingkat yang paling atas letaknya tersembunyi di antara pepohonan dan bebatuan. Sementara tingkat kedua terlihat dengan sangat elok. Saking indahnya pemandangan di sekitar air terjun ini, sampai-sampai selebritas dunia seperti Brad Pitt pernah mengunjungi air terjun yang memiliki ketinggian 35 hingga 40 meter ini.



 

  1. Pantai Malimbu

Tidak sah bila berwisata ke Lombok tanpa mengunjungi Pantai Malimbu yang merupakan terusan dari Pantai Senggigi. Bukit yang mengapit pantai ini menjadikan Pantai Malimbu begitu indah. Hijaunya perbukitan dan birunya pantai menjadikan kawasan Malimbu ini diburu wisatawan karena keindahannya. 

 

  1. Pantai Bangko Bangko

Ini dia pantai yang menjadi surganya peselancar dan pemancing. Pantai yang letaknya berhadapan dengan Pulau Nusa Penida ini memiliki ombak yang panjang dan sambung menyambung, karena itulah pantai ini menjadi surga untuk peselancar. Sementara untuk pemancing, dengan mudah ikan menyantap kail pancing Anda. Bagi yang tidak suka beselancar juga memancing, Anda bisa melihat desa nelayan yang menjual tangkapan segar dari laut. 

 

  1. Kampung Islam Sade

Sade adalah kampung muslim tradisional ala suku Sasak. Rumah-rumah di kampung ini memiliki arsitektur yang masih tradisional, yaitu terbuat dari bambu dan beratapkan ijuk. Di dalam rumah, selain kamar dan ruang tamu, terdapat dapur dengan tungku untuk memasak yang terbuat dari tanah dan menyatu dengan lantai. Tidak hanya suasananya yang masih alami, di Kampung Sage, Anda juga bisa melihat Tarian Oncer, kesenian Gendang Beleg dan acara Peresehan, sebuah tradisi berkelahi antar dua pria dengan menggunakan topeng rotan. 



 


Asri Mirza

Foto: Lombokindonesia, rinjaninationalpark, indonesia-tourism, clvitatis