Memasuki Bulan Muharram, Ini Dia Amalan yang Dianjurkan

Memasuki Bulan Muharram, Ini Dia Amalan yang Dianjurkan

Di tahun 2019 ini, 1 Muharram jatuh pada 1 September. Memasuki bulan Muharram merupakan kenikmatan untuk umat Islam karena bulan ini termasuk salah satu dari empat bulan haram. Lalu, apa saja amalan yang bisa dilakukan di bulan Muharram?

  

Sebagaimana telah disebutkan, amalan baik yang dikerjakan pada bulan Muharram akan mendapatkan pahala yang lebih besar. Maka di bulan ini dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan baik, salah satunya adalah berpuasa. 

 

Dari Abu Hurairah , Nabi Muhammad saw bersabda, ”puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. dan solat yang paling utama adalah solat malam.”(HR.Muslim).

 

Ibnu Abbas berkata, ”Aku tak melihat Rasulullah saw mengutamakan puasanya selain Ramadhan, kecuali puasa Asyura.” (HR.Bukhori).

 

Selain puasa, amalan baik lain yang harus dilakukan adalah berbuat amal shalih seperti dzikir, sedekah, membaca Al-Quran dan menjauhi maksiat. 

 

Di bulan ini, taubat juga sangat dianjurkan. Menyesali dosa yang sudah kita perbuat dan bertekad untuk tidak mengulanginya.

 

Memasuki tahun baru hijriyah, mari kita masuki dengan niat lebih baik dari tahun sebelumnya. Selamat tahun baru Islam 1441 hijriyah.