Melihat Kampung Muslim di Wuhan. Ada Masjid & Makanan Halal!

Melihat Kampung Muslim di Wuhan. Ada Masjid & Makanan Halal!

Seorang YouTuber bernama Muhammad Hanif Hasballah kerap membagikan video tentang kondisi Wuhan ketika dia menempuh pendidikan di Huazhong University of Science and Technology selama 3 tahun. Salah satu video-nya membahas tentang perkampungan Muslim Qiyi Street. 


Hanif membuka video dengan menyapa penjual di Qiyi Street dengan sapaan Assalamualaikum yang langsung dijawab mereka dengan Waalaikumsalam. 




Dalam video ini terlihat suasana pasar di mana terlihat transaksi antara penjual dan pembeli. Hanif juga memperlihatkan barang-barang yang dijual seperti sayuran, daging sapi, kue-kue, roti nan Uighur dan banyak lagi. 




Dalam jalan-jalannya ke Kampung Muslim di Wuhan ini, Hanif menemukan masjid yang bangunannya memiliki kubah hijau dengan bulan sabit. Hanif pun masuk dan ikut solat berjamaah di masjid tersebut. 





Kemudian Hanif yang sudah pulang ke Indonesia pada September 2019 ini mencoba makan di salah satu restoran Muslim. Makanan yang dia pesan adalah Mie Tumis Telur Tomat. 




Hanif memposting video ini pada September 2019, ketika virus Covid-19 yang berasal dari Wuhan merebak. Melihat videonya, saat itu suasana terlihat sangat aman. 


Dari jumlah penduduk di Wuhan yang berjumlah sekitar 8 juta, 1,6% diantaranya adalah muslim. Maka tidak heran bila ada Kampung Muslim seperti Qiyi di Wuhan. 


Asri

Foto: YouTube Muhammad Hanif Hasballah