Liburan Seru di 5 Desa Wisata Yogyakarta

Liburan Seru di 5 Desa Wisata Yogyakarta

Desa Wisata menjadi tren pariwisata baru sekarang ini. Berkunjung juga bermalam di desa dan ikut merasakan suasana pedesaan dan berinteraksi dengan masyarakat setempat menjadi pilihan liburan yang menyenangkan. 


Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak desa wisata. Dikelola dengan baik, inilah 5 desa wisata di Yogyakarta untuk alternatif liburan kamu!



1.Desa Wisata Sendari

Berlokasi kurang lebih 13km dari pusat kota Yogyakarta, Desa Wisata Sendari menawarkan kawasan perdesaan yang masih asri. Desa ini dikenal sebagai desa penghasil kerajinan bambu seperti meja, kursi, tempat tidur, hingga pernak-pernik lucu dari bambu. 


Bila berkunjung ke Desa Sendari kamu bisa melihat hasil kerajinan yang dipamerkan di galeri. Selain melihat hasil kerajinan, di desa ini kamu juga bisa melihat kesenian tradisional Jawa juga adat istiadat yang masih dijunjung tinggi. 

Foto: Instagram @desasendari



2.Desa Wisata Jelok

Desa Wisata Jelok atau disingkat Dewi Elok menawarkan paket wisata yang memiliki nilai edukasi, adat istiadat, tradisi dan kebudayaan pedesaan sekaligus merasakan petualangan seru lainnya. Berlokasi di Kecamatan Patuk Gunung Kidul, Dewi Elok mengajak pengunjung untuk belajar budaya Jawa, bertani juga melukis. 


Ada juga wisata yang memicu adrenalin seperti arum jeram di Kali Oya atau menyusuri goa alami untuk melihat stalagtit dan stalagmit yang cantik. 


Dewi Elok merupakan salah satu desa wisata dengan fasilitas lengkap. Selain wisata yang menarik, desa ini juga memiliki penginapan berbentuk limasan yang tradisional. 

Foto: Instagram @desawisatajelok



3.Desa Wisata Blue Lagoon

Daya tarik utama desa wisata ini adalah pemandian alaminya yang berasal dari mata air alami di bawah tanah. Kita bisa melihat gelembung-gelembung udara pertanda adanya aliran air di bawah tanah. 


Di sekeliling pemandian masih banyak pohon bambu yang membuat suasana teduh. Berpadu dengan beningnya air, siapapun pasti tidak kuasa menolak untuk bermain air di Blue Lagoon. 


Mulai dari bermain air, berenang hingga melompat dari ketinggian bisa kamu lakukan saat berkunjung ke desa wisata yang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta ini. 

Foto: Instagram @bluelagoonjogja



4.Desa Wisata Garongan

Penyuka aktivitas alam cocok banget berkunjung ke Desa Wisata Garongan. Desa wisata yang terletak kurang lebih 25 km dari pusat Kota Yogyakarta ini menawarkan berbagai kegiatan alam, mulai dari menangkap ikan, budidaya ikan, melihat dan mengelilingi kebun salak, dan aktivitas unggulan yaitu susur Sungai Sempor yang berada di sisi timur desa. 


Bagi yang ingin berkunjung secara rombongan, Desa Wisata Garongan merupakan pilihan tepat. Soalnya ada fasilitas kemping beserta fasilitas pelengkap yang ditawarkan di desa ini. 

Foto: Instagram @desawisatagarongan



5.Desa Wisata Nawung

Desa Wisata Nawung berada di sisi timur Yogyakarta, tak jauh dari obyek wisata Candi Prambanan. Ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari susur Sungai Kedung Nganten, paket Outbond, paket belajar membuat makanan ringan tradisional seperti emping melinjo, membuat kerajinan dari bambu juga paket wisata kesenian tradisional. 


Fasilitas penunjang yag disediakan Desa Wisata Nawung sudah cukup lengkap. Antara lain ada toilet, tempat ibadah, gazebo untuk beristirahat, warung makan, dan masih banyak lainnya. Buat yang ingin bermalam, bisa menginap di rumah penduduk dengan biaya terjangkau.

Foto: Instagram @istimewanyajogja