Kunjungi Padang, Ini 7 Aktivitas yang Dilakukan Chef Gordon Ramsay

Kunjungi Padang, Ini 7 Aktivitas yang Dilakukan Chef Gordon Ramsay

Di salah satu episode program teve Gordon Ramsay: Uncharted yang tayang di saluran National Geographic, chef terkenal Gordon Ramsay mengunjungi Indonesia, tepatnya Sumatera Barat. Dalam kunjungannya, chef asal Inggris ini melakukan beberapa aktivitas, salah satunya belajar masak rendang. Selain itu, apalagi yang dilakukan Gordon?


1.Belajar Masak Rendang

Di Sumatera Barat, Gordon belajar memasak rendang dari chef asal Indonesia, William Wongso. Chef William mengajarkan sekaligus menantang Gordon untuk memasak rendang yang enak. Meski hanya diberi waktu beberapa hari saja, Gordon bersemangat untuk memasak rendang yang lezat. Itu sebabnya dia mencari bahan-bahan untuk memasak rendang ke penjuru Sumatera Barat. 



2.Naik Sapi Pacu Jawi

Dalam rangka mencari bahan terbaik untuk rendangnya, juri Masterchef Amerika Serikat ini berani ikut balapan sapi yang disebut Pacu Jawi. Rela kotor karena terjatuh di lumpur dan berkali-kali mencoba membuat sosok galaknya sebagai juri menghilang. 


3.Menangkap Ikan di Kapal

Setelah mendapat daging untuk rendangnya, Gordon mencoba menangkap ikan di tengah laut di atas kapal nelayan. Tidak hanya duduk-duduk di kapal menanti hasil pancingan, Gordon diminta memasang jaring di kapal yang membuatnya kesulitan. Namun, di kapal ini Gordon menyadari saat disuguhi rendang oleh kapten kapal, bahwa rendang bisa bertahan lama bila dimasak dengan benar. 



4.Memancing Udang di Gua

Diakui Gordon bahwa memancing udang di Gua Ngalau Simarasok adalah pengalamannya memancing yang paling unik. "Saya sudah pernah memancing di berbagai tempat. Tapi ini adalah pengalaman memancing paling unik, eksotis dan berkesan," ungkapnya. Meski akhirnya Gordon tidak berhasil memancing udang dengan tangannya sendiri, tapi dia puas melihat udang besar dan segar. 



5.Ngulek Bumbu di Pasar

Selain belanja bumbu untuk kebutuhan memasak, Gordon juga ternyata mencoba mengulek bumbu di ulekan besar dengan batu secara tradisional. Dengan diawasi oleh ibu-ibu pengulek bumbu, Gordon terlihat kesulitan saat mengulek bawang dan cabai dalam ulekan besar tersebut. 


6.Mencoba Durian

Sebagai chef, Gordon terbuka pada berbagai jenis makanan. Namun dia menolak untuk mencicipi buah durian. Saat melihatnya dia langsung menyatakan tidak suka, tapi tetap menghargai buat yang menyukainya. "Durian ini memang rajanya buah, tapi baunya yang sangat menyengat membuat durian dilarang dibawa di transportasi umum juga hotel di negara-negara Asia Tenggara," katanya. 


7.Memerah Susu Kerbau

Di Padang, Gordon sempat memerah susu kerbau. Saat memerah, Gordon yang tinggi kesulitan untuk duduk. "Jadi pas kerbaunya buang kotoran, dia kecipratan karena kerbau mengipas ekornya. Tapi dia baik-baik saja. Karena nggak takut kotor dan nggak jijikan," cerita William mengenang syuting yang dilakukannya bersama Gordon pada Januari 2020. 


Asri

Foto: nationalgeographic.com