Ham, Bacon dan Pepperoni yang Halal di Indonesia

Ham, Bacon dan Pepperoni yang Halal di Indonesia

Saat pergi ke luar negeri, apalagi ke negara minoritas muslim sebaiknya kamu tidak memakan ham, bacon, dan pepperoni. Karena di negara yang muslimnya minoritas, jenis makanan tersebut biasanya dibuat dari daging babi. 


Di Indonesia, ham, bacon, dan pepperoni hadir dengan versi halal karena menggunakan daging sapi atau daging ayam sebagai bahan dasarnya. Pastikan untuk mengecek logo halal MUI di kemasan untuk mengetahui status halalnya. 


Berikut adalah penjelasan mengenai ham, bacon, dan pepperoni:


1.Ham

Menurut Britannica.com, ham terbuat dari kaki belakang babi. Bisa disajikan fresh atau diawetkan melalui proses pengawetan yang melibatkan penggaraman, pengasapan, atau pengeringan. Di Indonesia bisa ditemukan ham halal yang dibuat dari sapi. Beberapa merek ham yang sudah bersertifikat halal MUI diantaranya adalah Metzger Daging Ham Sapi dan Metzger Daging Ham Ayam. 


2.Bacon

Dikutip dari thespruceeats.com, bacon adalah daging yang diawetkan dengan garam yang dipotong dari perut atau punggung babi. Bisa disajikan sendiri, atau digunakan sebagai bahan makanan seperti sandwich, salad, bahkan es krim. Di Indonesia beberapa produsen menghadirkan bacon yang halal menggunakan daging sapi atau ayam. Beef Bacon Paskali dan Smoked Beef Bacon El Primo adalah beberapa merek bacon yang sudah bersertifikat halal MUI.


3.Pepperoni

Pepperoni adalah topping yang paling disukai untuk pizza di Amerika Serikat. Bentuknya tipis bulat dan dibuat dari daging babi, sapi dan beberapa rempah. Jadi sebaiknya hati-hati bila memesan pizza dengan pepperoni sebagai topping bila kamu berkunjung ke Amerika Serikat atau Eropa, karena ada olahan daging babi dalam kandungannya. Beruntungnya, di Indonesia ada pepperoni yang halal, merek Beef Pepperoni Bernardi, Beef Pepperoni Kemfood dan Metzger Beef Pepperoni adalah beberapa pepperoni yang sudah bersertifikat halal MUI. 


Asri

Foto: 123rf