Embracing Jakarta Muslim Fashion Week, Menuju Indonesia sebagai Pusat Fesyen Muslim Dunia

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week, Menuju Indonesia sebagai Pusat Fesyen Muslim Dunia

Sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak, Indonesia menjadi negara dengan konsumsi pasar fesyen muslim terbesar kelima di dunia setelah Iran, Turki, Saudi Arabia, dan Pakistan.


Tidak heran industri fesyen di Indonesia meningkat sangat tajam. Merek lokal dari berbagai kota di Indonesia bermunculan dan memiliki banyak peminat. Dengan desain yang beragam dan berciri khas budaya masing-masing daerah (mulai dari batik, tenun, bordir, dll) fesyen muslim Indonesia memiliki keunggulan.


Keunggulan ini memiliki prospek yang besar dalam mendominasi distribusi produk fesyen muslim secara global. Kementerian Perdagangan RI bersama KADIN mengadakan event Jakarta Muslim Fashion Week. 


Dengan event ini diharapkan fesyen muslim Indonesia menjadi semakin kuat di pasar domestik dan peluang bisnis ke pasar global akan terbuka luas hingga pada akhirnya dapat menetapkan posisi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia.


“Kekuatan pasar fesyen muslim Indonesia ini harusnya bisa menciptakan industri yang bagus dan bisa menjadi pangsa ekspor. Tugas kami sebagai Kementerian Perdagangan adalah memancing industri, akademisi, dan para desainer fesyen muslim bisa berkolaborasi bersama untuk menciptakan kekuatan pasar fesyen muslim Indonesia,” jelas Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi pada acara jumpa pers Embracing Jakarta Muslim Fashion Week, 11 November 2021.


Sebagai langkah awal akan diadakan acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week yang berlangsung pada tanggal 18 November 2021 di Aquatic Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.


Embracing Jakarta Muslim Fashion Week dapat dinikmati secara langsung juga secara online. Acara ini juga merupakan langkah awal untuk memperkenalkan Jakarta Muslim Fashion Week yang akan secara resmi diluncurkan tahun 2022 sebagai salah satu rangkaian acaranya Trade Expo Indonesia ke-37 di bulan Oktober 2022.


Foto: Instagram @jmfwofficial