Daftar Masjid di London, Tempat Solat ketika Berkunjung ke Ibukota Inggris

Daftar Masjid di London, Tempat Solat ketika Berkunjung ke Ibukota Inggris

Sebagai kota dengan sejuta pesona, London yang berada di Inggris sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari melihat kemegahan Istana Buckingham, Tower of London yang penuh sejarah, Big Ben yang ikonik juga taman-taman hijau yang menyejukan. 


Saat berjalan-jalan di London, kamu bisa melaksanakan solat wajib 5 waktu di berbagai masjid yang tersebar di London. Berikut adalah daftar masjid di London!


Masjid Sentral London

Masjid dengan kubah emas besar ini bisa mengakomodir 5000 jemaah pria. Untuk jemaah wanita, solat bisa dilakukan di lantai balkon. Hiasan lampu gantung yang cantika akan menyita perhatian ketika masuk ke masjid yang didesain oleh Sir Frederick Gibberd ini. 




Bagi kamu yang kelaparan atau butuh minuman, bisa mengunjungi cafe yang menjual makanan halal di lingkungan masjid. 


Kunjungi Masjid Sentral London di Regent’s Park Mosque 146 Park Road Regent Park London NW8 7RG London UK. 


Baitul Aziz Islamic Cultural Centre

Awalnya Baitul Aziz Islamic Cultural Centre adalah sebuah toko kecil tempat anak-anak belajar bahasa Arab di basement-nya. Setelah mendapat izin membangun masjid, maka dibangunlah masjid kecil yang hanya bisa menampung 400 orang




Setelah melakukan renovasi, masjid kecil ini bisa menampung jamaah hingga 2500 orang. Jamaah wanita pun diperbolehkan untuk ke masjid. Sekarang, Baitul Aziz Islamic Cultural Centre menjadi masjid untuk muslim dari berbagai etnis dan negara. 


Baitul Aziz Islamic Cultural berlokasi di 1 Dickens Square (off Harper Road)

Southwark, London. Bila naik tube, stasiun terdekat adalah Elephant & castle and Borough.


Masjid East London

Masjid yang dikenal juga dengan East London Mosque & London Muslim Centre ini adalah salah satu masjid terbesar di Eropa yang menampung 7.000 orang untuk salat berjemaah. 




Masjid yang berdiri pada tahun 1910 oleh London Mosque Fund ini adalah salah satu masjid pertama di Inggris yang diizinkan menggunakan loudspeaker untuk adzan. 


Alamat Masjid East London ada di 82–92 Whitechapel Rd, Shadwell, London E1 1JQ, UK. 


East End Islamic Centre

Berdiri sejak tahun 1989, East End Islamic Centre memiliki dua bangunan, Masjid dan pusat kegiatan untuk pemuda dan pemudi. 




Berbagai kegiatan dilakukan di youth centre, mulai dari kelas tambahan hingga kegiatan olahraga seperti tenis. Ada juga pelayanan untuk siswa dengan prestasi rendah, siswa diberikan dukungan dan tambahan pelajaran. 


East End Islamic Centre bisa dijangkau lewat stasiun terdekat yaitu Upton Park Underground Station. Alamat lengkapnya adalah 98 Plashet Rd, London E13 0RQ, UK.


Asri

Foto: baitulazizmosque.org.uk, eastendislamic.co.uk, eastlondonmosque.org.uk, Facebook: london central mosque