Cara Kreatif Pebisnis Baju Muslim di Era Pandemi

Cara Kreatif Pebisnis Baju Muslim di Era Pandemi

Pandemi Covid-19 memang menghantam banyak sektor. Salah satunya sektor busana muslim. Ramadan dan Lebaran kemarin seharusnya bisnis baju muslim mendulang keuntungan besar. Karena biasanya di Ramadan dan Lebaran, banyak orang membeli baju baru. 


Namun, pandemi dan himbauan untuk di rumah saja membuat banyak orang memilih untuk tidak membeli baju baru. Alasannya karena saat Lebaran mereka tidak kemana-mana, juga pendapatan yang berkurang karena pandemi. Tapi, para desainer baju muslim memilih untuk tetap melanjutkan bisnis dan berkreasi. Seperti apa cara kreatif mereka? 


Mendesain Masker 

Sejak WHO mewajibkan semua orang keluar rumah memakai masker, maka masker menjadi salah satu benda yang wajib dipakai. Selain masker standar dengan warna-warna dasar, orang-orang pun mulai mencari masker keren untuk dipakai. 




Para desainer pun mulai mendesain masker dengan beraneka motif dan bahan. Ada yang menjual masker bermotif polkadot, motif pop art, berbahan lace, masker transparan, bahkan masker yang seragam dengan baju dan jilbab.


Masker, Jilbab dan Baju Seragam 

Desainer Hannie Hananto menciptakan desain masker modis sepaket dengan busananya. “Bermula dari kebutuhan para customer untuk tetap bergaya agar hati tetap bahagia dengan demikian sistem imun selalu terjaga, maka saya tercetus membuat koleksi masker modis,” katanya seperti dikutip dari laman JawaPos.com. 




Brand asal Bandung, Radwah juga meluncurkan scarf premium yang berbonus masker bermotif sama. Begitu juga dengan brand Kinaya dan beberapa brand lainnya.


Baju Nyaman untuk di Rumah Saja

Anjuran untuk di rumah saja membuat banyak orang lebih senang memakai baju rumahan yang nyaman untuk beraktivitas. Karena itu, beberapa brand merilis baju nyaman untuk aktivitas di rumah. 




We Are We, brand lokal yang desainnya mengedepankan kenyamanan dengan cutting loose ini jadi salah satu pilihan untuk mendapatkan baju nyaman yang bisa dipakai di rumah tapi tetap stylish saat dipakai berbelanja keluar rumah. 


Parka Stylish untuk New Normal

Desainer Rani Hatta lewat brand Hattaco mengeluarkan koleksi parka yang bisa dipakai untuk aktivitas new normal namun tetap stylish. 




Bagi yang harus belanja ke minimarket atau aktivitas lainnya, namun ingin tetap stylish bisa memilih koleksi ini. Di caption Instagram Hattaco, disebutkan bahwa parka berbahan ringan ini bisa mencegah virus dan droplet di tengah keramaian. 


Asri

Foto: Instagram @hattaco, @radwah, @anemome.hanniehananto, @waw_id