Berkunjung ke Hutan Mangrove PIK, Banyak Aktivitas Seru

Berkunjung ke Hutan Mangrove PIK, Banyak Aktivitas Seru

Bosan dengan suasana kota yang hingar? Cobalah untuk menepi ke daerah Pantai Indah Kapuk atau PIK, tepatnya ke kawasan Hutan Mangrove yang suasananya tenang dengan udara yang masih alami. 


Hutan Mangrove PIK yang berada di Jalan Pantai Indah Utara I Penjaringan Jakarta Utara ini memiliki luas sekitar 99 hektar, dan sekitar 40 persen lahan digunakan untuk konservasi hutan bakau yang asri dan alami.




Tidak heran, berkunjung ke hutan yang berfungsi sebagai tempat menahan abrasi dari ombak laut yang ada di sekitar laut Jawa ini akan memberikan suasana alam yang menenangkan. Kamu bisa melihat pepohonan hijau, sungai yang mengelilingi hutan, juga area penginapan yang oke sebagai background foto. 


Dengan menyewa sekitar Rp.250ribu sampai Rp.350ribu per perahu, kamu bisa mengarungi sungai di kawasan hutan. Satu perahu bisa dinaiki oleh 6-8 orang. 




Dengan naik perahu kamu akan diajak memasuki kawasan yang lebih liar. Jangan heran bila bertemu biawak, monyet bahkan buaya saat mengarungi sungai. 


Selain naik perahu, kamu juga bisa belajar cara menanam bakau dengan cara mudah. 

Cukup membayar sekitar Rp.150ribu per orang kamu bisa belajar menanam bakau di sekitar hutan mangrove ini. Kalau kamu ingin menamai tanaman yang ditanam, bisa membayar Rp.500ribu.




Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah bermain sepeda air seharga Rp.100ribu. Ada lagi aktivitas lain, dan menjadi favorit adalah observasi burung. Kamu akan diajak untuk menaiki menara, dari sinilah kamu bisa melihat burung-burung yang beterbangan di kawasan hutan. 




Aktivitas terakhir bisa dilakukan ketika kamu tidak puas menjelajahi Hutan Mangrove dalam sehari. Kamu bisa menginap di area yang sudah disiapkan, baik di vila maupun di tenda. Menginap tentu saja akan memperkaya pengalaman berkunjung ke Hutan Mangrove. Soalnya pemandangan dan suasana hutan di malam hari tentu saja sangat berbeda. 


Asri

Foto: Asri