Berburu Jajanan Halal Thailand di Khlong Hae Floating Market Hatyai

Berburu Jajanan Halal Thailand di Khlong Hae Floating Market Hatyai

Berkunjung ke Hatyai yang terletak di Thailand Selatan jangan lupa untuk mampir ke Khlong Hae Floating Market. Di pasar yang buka setiap hari Jumat, Sabtu, Minggu dan hari libur ini, traveler muslim bisa berburu jajanan Thailand yang terkenal enak-enak. Asyiknya lagi, jajanan di sini hampir semuanya halal. Soalnya, banyak pedagang di Khlong Hae Floating Market adalah orang muslim Thailand. Beberapa pedagang bahkan memakai hijab saat menjajakan makanannya. Ada apa saja yang menarik di Khlong Hae Floating Market? Simak yang berikut ini!

 

1.     Menjual Berbagai Jenis Makanan Khas Thailand yang Enak

Semua makanan Thailand favorit ada semua di sini. Mulai dari Pad Thai, Tom Yum, Khao khai chiao (Nasi dengan Telur Dadar), Es Krim Kelapa hingga Manggo Sticky Rice ada semua di Khlong Hae Floating Market ini. Rasanya jangan ditanya karena semuanya enak dan lezat. 



 

2.     Penjual Muslim yang Ramah

Khlong Hae Floating Market terkenal dengan para penjual muslim yang ramah. Mereka menjajakan makanan dari atas perahu, terkadang sambil memasak. Penjual yang kebanyakan perempuan ini memakai jilbab warna-warni yang cantik. Populasi muslim di Hatyai, Thailand memang lumayan banyak dibanding di Bangkok, ibukota Thailand. 



 

3.     Transaksi Unik dan Menarik

Karena jarak dari perahu ke daratan di mana pembeli berada cukup jauh, beberapa pedagang harus menjulurkan semacam bambu dengan anyaman di ujungnya. Jadi, penjual akan menjulurkan makanan, pembeli mengambil makanan dan menaruh uang di atas anyaman tersebut. Sebuah transaksi yang unik dan menarik. 





 

4.     Daun, Bambu dan Batok Kelapa yang Alami

Makanan di Khlong Hae Market banyak menggunakan bahan-bahan alami sebagai tempat makanannya. Mulai dari daun pisang, bambu untuk tempat minum, batok kelapa untuk tempat es krim hingga pot dari tanah liat sebagai tempat minum. Penjual berusaha untuk menjaga lingkungan dengan memakai alat-alat alami sebagai tempat makan. 



 

5.     Ada Mushola Juga

Traveler Muslim yang mencari tempat sholat saat berkunjung ke Khlong Hae Market bisa melakukan sholat di Mushola yang letaknya berada di atas Khlong Hae Market. Letaknya dekat dengan tempat parkir bis juga kios-kios yang menjual baju-baju khas Thailand. Bangunan mushola yang terbuat dari anyaman bambu ini memisahkan ruangan sholat perempuan dan lelaki. Begitu juga dengan tempat wudhu yang terpisah. Tersedia mukena dan sejadah di mushola ini. 





 

Tertarik mengunjungi Khlong Hae Market? Kamu bisa menuju Hatyai menggunakan bis atau kereta dari Malaysia atau pesawat. 

 

Asri Mirza

Foto: Asri