Belajar Sejarah dan Budaya di 5 Tempat Wisata Kudus Ini

Belajar Sejarah dan Budaya di 5 Tempat Wisata Kudus Ini

Kota Kudus yang berada di Jawa Tengah memiliki warisan budaya dan sejarah yang sangat kaya. Nama Kudus identik dengan dua dari sembilan Wali Songo, yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria. Saat berkunjung ke Kudus, ada 5 tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. 


1.Menara & Masjid Kudus

Masjid dan menara Kudus menjadi saksi bisu penyebaran agama Islam di Jawa. Hal ini terlihat dari perpaduan desain arsitektur Hindu dan Islam. Sunan Kudus atau Syeh Jafar Shodiq menyebarkan Islam dengan bijaksana hingga mendapat simpati dari masyarakat Kudus yang waktu itu masih memeluk agama Hindu. Bentuk bangunan menara yang unik, sangat menarik perhatian pengunjung. Batu bata merah menambah daya tarik menara setinggi 17meter ini. 


2.Makam dan Masjid Colo

Sekitar 18 km dari pusat Kota Kudus, ada sebuah desa bernama Colo. Di desa tersebut terdapat makam Sunan Muria, salah satu Wali Songo. Nama aslinya adalah Raden Umar Said, nama Sunan Muria berasal dari tempat dakwahnya yang terletak di kaki Gunung Muria. Dalam perkembangannya, beliau membangun pesantren dan masjid di Gunung Muria. 


3.Air Terjun Monthel

Di kawasan Gunung Muria, tidak hanya Makam dan Masjid Colo saja yang bisa dikunjungi. Tapi ada juga Air Terjun Monthel yang cantik. Untuk menuju Air Terjun Monthel, kamu harus melewati tebing dan hamparan kebun kopi yang cantik. 


4.Museum Kretek

Selain erat dengan Sunan Kudus dan Sunan Muria, kota Kudus juga erat dengan produksi kretek. Tidak heran terdapat Museum Kretek di Kudus yang merupakan satu-satunya museum yang menyimpan sejarah perjalanan rokok kretek dari segi industri dan sosial budaya. Terletak sekitar 2 km dari pusat kota Kudus, kamu bisa melihat melalui diorama peralatan dan pembuatan rokok di masa lalu. Ada pula arena permainan anak di museum ini. 


5.Taman Wisata Krida

Taman yang terletak di Komplek Wergu Wetan ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Karena ada aneka permainan anak seperti waterboom, becak air, dan patung raksasa.