Amalan dan Doa untuk Lawan Virus Corona

Amalan dan Doa untuk Lawan Virus Corona

Mewabahnya virus corona atau Covid-19 membuat banyak orang menjadi waspada. Berbagai tindakan pun dilakukan agar terhindar dari virus ini berupa berbagai ikhtiar. 


Selain ikhtiar lahir seperti cuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, memakai masker, mengonsumsi makanan sehat, menaati peraturan pemerintah dan lainnya; dibutuhkan juga ikhtiar batin yang bisa membuat diri lebih tenang. 


Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri atau dikenal juga dengan Gus Mus, menyatakan dalam akun Instagram @s.kakung bahwa ikhtiar batin tidak boleh dilupakan. 


"Menghadapi Covid-19, ikhtiar lahir sudah dilakukan secara massal (dan bahkan mirip 'kepanikan umum'). Tapi, sebagai hamba-hamba beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus," ungkap Gus Mus.


Dalam postingan yang diunggahnya pada 16 Maret lalu itu, Gus Mus menyebutkan ikhtiar batin yang dilakukan adalah:



1. Menyempurnakan wudhu kita.

2. Membaca "BismiLlãhi lã yadhurru ma'asmiHi syai-un fil ardhi walã fissamã-i waHua s-Samii'ul 'Aliim, setiap habis Subuh dan Maghrib; juga jika mau keluar rumah. Sebanyak 3 kali.

3. Wiridkan asma Allah yã Salãm, yã Hafiizh, dan yã Mãni'u yã Dhãrru. Masing-masing minimal 20 kali setiap habis sholat.

4. Membaca shalawat Nabi SAW yang kita sukai atau hafal setiap mulut nganggur.

5. Berdoa: nas'aluKa al-'afwa wal-'ãfiata wal mu'ãfata fiddiini waddunyã wal ãkhirah. Wawallãhu Musta'ãn.


Amalan dan doa ini akan membuat hati tenang dan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, sang maha pencipta. 


Semoga dengan ikhtiar lahir dan ikhtiar batin yang dilakukan bisa menjauhkan virus corona. 


Foto: dreamstime.com