8 Tempat Wisata Gratis di London. Cocok Buat Budget Traveler

8 Tempat Wisata Gratis di London. Cocok Buat Budget Traveler

Kota London di Inggris termasuk salah satu kota dengan biaya hidup yang paling mahal di dunia. Maka, saat jalan-jalan ke London, traveler dengan budget terbatas harus pintar-pintar mencari tempat wisata yang gratis. Untungnya, London banyak menawarkan tempat wisata gratis bagi para traveler. Berikut beberapa tempat wisata gratis di London!

 

1.     Buckingham Palace

 

Atau lebih tepatnya halaman depan Buckingham Palace. Karena sebenarnya turis bisa masuk ke bagian dalam tempat kediaman resmi keluarga kerajaan Inggris ini dengan biaya sekitar 20 pounds (sekitar Rp.400 ribu) di watu tertentu. Namun, buat turis dengan budget terbatas, mengunjungi halaman depan Buckingham Palace juga menjadi hal yang menarik. 

 

Jangan lupa untuk melihat atraksi changing of the guard yang terkenal itu. Kita bisa melihat para penjaga istana dengan seragam merah dan topi besar berbulu yang berbaris untuk berganti jaga dengan penjaga sebelumnya. Yang bikin istimewa, nggak hanya penjaga berbaris, ada juga penjaga yang berderap dengan kudanya plus kelompok marching band yang meriah. 

 

2.     Palace of Westminster Area

Dari Buckingham Palace, kita bisa berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit menuju area westminster. Di area ini ada gedung parlemen yang kokoh dan megah tempat para pejabat Inggris berkantor. Bangunan yang dibangun pada abad pertengahan ini masih dipertahankan sesuai bentuk aslinya sampai sekarang. 

 

Di bagian utara Gedung Parlemen ada jam besar yang sering disebut Big Ben. Sayangnya, hingga tahun 2022, Big Ben sedang direnovasi, hingga agak kurang menarik untuk dipakai objek foto.  



 

3.     London Eye

Tidak jauh dari Gedung Parlemen ada jembatan cantik yang membentang di atas Sungai Thames. Dari jembatan ini kita bisa melihat penampakan Big Ben beserta Gedung Parlemen, juga London Eye. 

 

Ikon baru kota London yang terletak di tepi Sungai Thames ini adalah sebuah roda besar yang memungkinkan para turis yang naik kedalamnya bisa melihat seisi kota London. Tapi, bagi turis yang tidak berniat untuk menaiki London Eye, berfoto dengan latar belakangnya pun sudah memuaskan.



 

4.     British Museum

The British Museum memang memiliki koleksi yang sangat lengkap. Mau tahu sejarah bangsa Mesir, Yunani atau Tiongkok? Semua jawabannya ada di dalam museum yang sudah berdiri sejak tahun 1753 ini. Kita bisa melihat koleksi artefak, guci, naskah dan banyak lagi di museum ini. Dari benda-benda itulah, kita bisa belajar sejarah semua bangsa. 

  

5.     Trafalgar Square

Square atau alun-alun ini adalah tempat warga kota London duduk-duduk menghabiskan waktu. Ramainya warga kota London yang bercampur dengan turis membuat banyak seniman jalanan di sekitar alun-alun yang berdiri sejak tahun 1805. Bukan hanya menyanyikan lagu saja, tapi seniman jalanan di sini, banyak yang berdandan ala badut juga setan yang melayang. Siapkan uang koin kalau mau berfoto dengan para seniman jalanan ini. Mereka pasti langsung mau berpose seru. 

 

6.     The National Gallery

Tepat di sebrang alun-alun ini, terletak The National Gallery. Sama seperti British Museum, pengunjung tidak dikenakan biaya sepeser pun saat memasuki galeri yang memiliki koleksi ribuan lukisan bersejarah ini. Koleksi galeri ini yang terkenal adalah lukisan The Virgin of The Rocks karya Leonardo da Vinci juga Sunflowers karya Vincent Van Gogh. 



 

7.     Portobello Road

Masuk ke wilayah Notting Hill, Portobello road merupakan daerah yang sangat indah. Rumah-rumah cantik dengan cat warna-warni serta toko-toko indah yang menjual pernak-pernik khas Inggris bisa kita jumpai di sini. 

 

Disarankan untuk datang ke Portobello Road saat weekend. Karena di daerah ini ada pasar barang antik di sepanjang jalannya. Barang yang dijual sungguh menggemaskan. Mulai dari seperangkat alat minum teh, guci dan patung antik, kaos dengan nama band sampai koleksi piringan hitam di.



 

8.     Peron Harry Potter

Penggemar Harry Potter jangan sampai melewatkan peron ini. Terletak di stasiun King’s Cross, kita bisa melihat sebuah troly dengan setumpuk koper lengkap dengan kandang burung hantu yang seakan menembus dinding.

 

Peron yang tadinya hanya ada di buku seri Harry Potter ini mulai dibangun pada 2002. Di samping troley ada toko yang menjual merchandise resmi Harry Potter. 




Asri

Foto: Asri