7 Masjid di Rusia. Cantik dan Megah!

7 Masjid di Rusia. Cantik dan Megah!

20% dari populasi orang di Rusia adalah Muslim. Ada sekitar 8000 masjid di negeri beruang putih tersebut. Dan berikut adalah 7 masjid tercantik yang ada di Rusia. 



Masjid Katedral Moskow

Disebut sebagai masjid terbesar di Eropa, Masjid Katedral Moskow bisa menampung 10.000 jemaah. Memiliki enam lantai dengan ruangan solat, ruang perpustakaan, ruang serbaguna, museum juga ruangan pameran. Masjid cantik ini disebut katedral yang juga berarti besar atau agung. 



Masjid Heart of Chechnya

Terletak di Gronzg, Rusia, masjid ini berdesain klasik dengan marmer putih di bagian luarnya. Presiden pertama Republik Chechen, Akmad Kadirov adalah orang yang memberi nama masjid dengan tinggi 63 meter dan 32 meter untuk kubah indahnya.  



Masjid Bulgar Kazan

Masjid berwarna putih ini dibuka pada 2012. Di masjid yang disebut juga sebagai Taj Mahal versi Kazan ini terdapat Al Quran terbesar dengan berat 800 kilogram dan membutuhkan 16 orang untuk mengangkatnya. 



Masjid Juma Derbent

Unesco memasukan masjid Juma yang berlokasi di Derbent ini sebagai situs warisan budaya. Masjid tertua di Rusia ini dibangun sekitar tahun 740. Di halaman dalam Masjid Juma terdapat pohon Platanus kuno yang berasal dari abad ke-9.



Masjid Lala Tulpan

Membutuhkan sembilan tahun untuk membangun masjid yang memiliki arti bunga tulip mekar ini. Berlokasi di Ufa, masjid yang termasuk salah satu masjid terbesar di Rusia ini memiliki menara kembar yang bentuknya seperti bunga tulip mekar. 



Masjid Kul Sharif Kazan

Masjid ini memiliki 6 menara dengan tinggi masing-masing menara 55 meter. Pada tahun 2000, Unesco menjadikan masjid ini sebagai situs warisan dunia. Tidak heran karena masjid ini memiliki arsitektur cantik dengan perpaduan warna putih dan biru. 



Mukhtarov Mosque

Masjid cantik ini terletak di Vladikavkaz dan bisa menampung 5000 jemaah. Masjis ini dinamai sesuai dengan nama milyuner Azerbaijan, Mukhtarov yang mendanai pembangunan masjid. Banyak turis mengunjungi masjid ini karena keindahan arsitekturnya serta pemandangan Gunung Caucasus sebagai latar belakang masjid. 


Asri

Foto: traveltriangle.com, reddit.com, wikimedia.com