7 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

7 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Ketupat beserta Rendang dan Opor Ayam yang selalu hadir saat lebaran tiba menjadikan makanan tersebut sebagai makanan khas saat Lebaran di Indonesia. Di berbagai dunia lain, ternyata ada juga makanan khas yang disantap ketika Lebaran tiba. Apa saja?



1. Bakhlava dari Turki

Makanan berupa kue bertekstur dan berlapis-lapis, berisi berbagai macam potongan kacang ini menjadi makanan khas saat Lebaran tiba di Turki. Sirup dan madu kemudian disiramkan saat Bakhlava hendak disantap. 




2. Gulha dan Kulhi Boakibaa dari Maladewa

Maladewa yang merupakan negara kepulauan menghasilkan banyak hasil laut yang melimpah. Tidak heran, untuk makanan khas Lebaran, Maladewa memiliki Gulha (bola-bola dari ikan) serta Kulhi Boakibaa (nasi yang dicampur daging tuna segar).



3. Kahk dari Mesir

Kahk adalah kue atau biskuit berbentuk bundar berisi berbagai jenis kacang yang di atasnya ditaburi tepung gula berwarna putih. Kahk merupakan kue yang sudah ada sejak dulu dan menjadi bagian dari budaya Mesir.  



4. Sheer Khurma dari Pakistan

Makanan manis ini disajikan di pagi hari setelah solat Eid dilaksanakan. Selain di Pakistan, masyarakat India dan Bangladesh juga menyantap makanan yang terbuat dari bihun, susu, kurma, gula serta berbagai tambahan seperti almond, kismis dan lainnya. 



5. Bolani dari Afghanistan

Bolani adalah roti yang dipanggang atau bisa juga digoreng dan diisi sayuran hijau, kentang, kacang, daun bawang dan lainnya. Biasanya Bolani disajikan dengan cocolan yoghurt. 



6. Aseeda dari Yaman

Bahan utama Aseeda adalah gandum dan madu yang diolah menjadi seperti puding karamel. Meski puding, Aseeda disajikan saat panas dan harus langsung disantap dengan cepat. Sajian ini biasanya disantap sendiri atau dibagikan kepada para tetangga. 



7. Manti dari Rusia

Di Rusia, makanan khas Lebaran adalah Manti. Makanan ini bentuknya seperti pangsit yang biasanya diisi dengan daging domba atau daging sapi yang sudah dibumbui. Manti sangat populer di Rusia serta negara tetangganya seperti Uzbekistan, Kazakhstan dan lainnya. 

 

Asri

Foto: Instagram