7 Fakta Gelatin dan Cara Mengetahui Gelatin Halal

7 Fakta Gelatin dan Cara Mengetahui Gelatin Halal

Gelatin banyak digunakan sebagai bahan baku makanan, kosmetik, produk kesehatan dan banyak lagi. Sebagai primadona bahan baku, kita cari tahu lebih lengkap tentang gelatin, yuk!


1. Apa Itu Gelatin?

Gelatin adalah ekstrak protein dari tulang maupun kulit hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, ikan juga babi yang diolah untuk menghasilkan kandungan kolagen, yang diolah menjadi zat tanpa rasa dan warna. 


2. Fungsi Gelatin di Industri Pangan

Sering dipakai diberbagai produk pangan, gelatin ternyata banyak fungsinya. Di antaranya sebagai penebal, pelekat, pengemulsi (biasa digunakan di es krim), pembuih, penahan kelembapan, pembaik tekstur, dan banyak lagi. 


3. Banyak Dipakai

Selain produk pangan, gelatin bisa ditemukan di berbagai produk. Mulai dari produk kecantikan seperti krim, lotion, masker, sabun mandi, sampo dan banyak lagi. Gelatin juga bisa ditemui di produk kesehatan seperti kapsul, tablet hingga produk nutrisi olahraga. 


4. Gelatin Halal atau Tidak

Seperti sudah dijelaskan, gelatin merupakan zat makanan yang diekstrak dari hewan. Maka untuk mengetahui gelatin halal atau tidak, kita harus mencari tahu asal hewan yang diesktrak menjadi gelatin. 


Di luar negeri, terutama di negara Eropa dan Cina, gelatin banyak dibuat dari babi. Bahan baku babi yang berlimpah adalah salah satu alasannya. Sehingga harga gelatin bisa dijual dengan harga yang lebih terjangkau. 


5. Diimpor dari Luar Negeri

Kebutuhan gelatin di Indonesia kebanyakan diimpor dari luar negeri, padahal gelatin banyak digunakan untuk berbagai macam produk harian. 


6. Pengetahuan dan Metode Akurat

Karena itu, diperlukan pengetahuan dan metode yang akurat untuk dapat mengetahui sumber pembuatan gelatin itu, apakah dari hewan yang halal, atau malah dari babi yang diharamkan dalam Islam. 


Salah satu caranya adalah dengan melakukan analisa laboratorium. "Hasil analisa lab itu dapat memberikan keyakinan dan kenyamanan dengan pembuktian secara ilmiah, dalam proses sertifikasi halal," ungkap Ir. Muti Arintawati, M.Si. dari LPPOM MUI. 


7. Cara Mudah Mengetahui

Karena itu, sebagai orang awam, alangkah baiknya bila kita melakukan cara yang mudah untuk membedakan gelatin halal atah tidak. Yaitu dengan mengecek logo halal MUI disetiap kemasan produk yang akan kita konsumsi atau pakai.