6 Fakta Menarik dari Masjid Terapung Melaka yang Indah dan Memukau

6 Fakta Menarik dari Masjid Terapung Melaka yang Indah dan Memukau

Saat jalan-jalan ke Melaka, Malaysia tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Masjid Terapung Melaka. Letaknya yang menghadap langsung ke Selat Malaka membuat Masjid ini seperti terapung. Masjid ini banyak dijadikan tujuan wisata oleh turis muslim maupun non muslim. 

 

1.     Nama asli masjid ini adalah Malacca Strait Mosque. Tapi karena arsitektur masjid yang “mengapung” di atas Selat Malaka, maka Masjid ini pun disebut juga Masjid Terapung Melaka.




2.      Masjid yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota tua Melaka ini diresmikan pada 2006 dan menempati lahan seluas 1,8 hektar dan mampu menampung 2000 jemaah. 


3.    Masjid ini memiliki empat menara yang meniru gaya menara di Masjid Nabawi. Sementara bangunan kubah yang terdapat disampingnya diberi warna biru, yang menyerupai masjid-masjid yang terdapat di wilayah Timur Tengah. Pembangunan masjid ini terinspirasi dari Masjid terapung di Jeddah. 



4.      Waktu yang tepat untuk datang ke Masjid ini adalah ketika sore menjelang malam. Jadi pengunjung bisa melihat suasana masjid pada saat langit masih terang hingga berganti gelap. 


5.     Di malam hari, Masjid Melaka ini terlihat sangat indah. Efek dari lampu-lampu yang memantulkan warna-warni ke sekeliling masjid. Selain sebagai penerangan masjid, lampu dari menara masjid setinggi 30 meter juga memiliki fungsi lain. Lampu di menara berfungsi sebagai panduan bagi kapal yang sedang berlayar di wilayah Selat Malaka. 




6.   Masjid ini sering dikunjungi oleh turis muslim maupun non muslim. Pihak masjid pun menyediakan sarung juga jubah bagi turis yang  memakai pakaian terbuka. 

 

Asri Mirza

Foto: Asri