5 Kuliner Halal Khas Bali yang wajib Dicoba

5 Kuliner Halal Khas Bali yang wajib Dicoba

Meski penduduk muslim di Pulau Bali minoritas tetapi banyak juga kuliner khas Pulau Dewata yang memakai bahan-bahan halal. Untuk protein, daging yang digunakan adalah daging ayam atau ikan. Sementara untuk bahan-bahan lainnya juga menggunakan bahan yang halal. Apa saja kuliner khas Bali yang halal dan wajib dicoba? Berikut diantaranya!


1.Tipat Kuah

Adalah ketupat yang disajikan dengan sayuran urap (yang terdiri dari kacang panjang, toge, parut kelapa berbumbu), kacang goreng, sangrai jagung dan aneka lauk lain. Kemudian disiram kuah kuning yang berasal dari kaldu ayam betutu sehingga menghasilkan rasa Tipat Kuah yang gurih dan menyegarkan. 


2.Tum Ayam atau Ikan

Sekilas Tum Ayam atau Tum Ikan seperti masakan pepes dalam kuliner khas Sunda. Daging ayam atau ikan dicincang, dicampur dengan bumbu rempah dan kelapa parut. Kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. 


3.Nasi Jinggo

Kalau di Jawa dikenal kuliner Nasi Kucing, di Bali dikenal Nasi Jinggo yang mirip dengan Nasi Kucing. Ukurannya kecil dan isinya berupa Nasi Putih, Mie Goreng, Tumisan Sayur  dan daging ayam. Karena ukurannya yang kecil, menyantap Nasi Jinggo tidak cukup hanya satu. 


4.Sate Lilit Ikan atau Ayam

Yang khas dari Sate Lilit adalah penggunaan batang sereh sebagai "tusukan" sate. Daging ikan atau ayam dicincang lalu dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu rempah. Adonan tersebut lalu ditusuk dengan batang sereh. Saat dibakar perpaduan wangi sereh, bumbu rempah dan ikan atau ayam sangat menggoda. Sate Lilit biasanya disajikan dengan Nasi Putih dan Sambal Matah.


5.Sate Kakul

Protein yang digunakan di menu Sate Kakul adalah siput sawah. Menu ini menjadi favorit karena rasanya yang unik. Sebelum dibakar. siput dibumbu dulu dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan kemiri. Setelah ditusuk dengan tusukan lidi, dibakar sambil diolesi bumbu. Rasanya manis dan pedas pas dengan daging siput yang kenyal.


6.Ayam Betutu

Bisa dibilang Ayam Betutu adalah kuliner khas Bali yang paling terkenal. Ayam yang telah dibersihkan kemudian dibalurkan bumbu rempah, lalu direbus atau langsung dibakar hingga menghasilkan aroma yang khas. Selain ayam, bebek juga sering dimasak dengan cara ini. 


Sebagai muslim, tidak ada salahnya untuk selalu bertanya mengenai kehalalan bahan-bahan yang dipakai untuk memasak kuliner khas Bali. Atau kamu juga bisa mencoba kuliner Bali di restoran yang sudah mendapat sertifikat halal dari LPPOM MUI. 


Asri

Foto:web-resep.blogspot