5 Kuliner Halal dari Lombok ini Wajib Dicoba!

5 Kuliner Halal dari Lombok ini Wajib Dicoba!

Lombok yang terkenal dengan wisata alam yang menakjubkan seperti Gili Trawangan, Gili Air, hingga Gunung Rinjani juga memiliki sajian kuliner yang menggugah selera. Berikut kuliner halal wajib coba dari Lombok!


1.Ayam Taliwang
Bila menyebut kuliner Lombok, pasti Ayam Taliwang yang paling dikenal. Olahan ayam yang diperkenalkan oleh masyarakat Desa Karang Taliwang ini dibumbui dengan bawang putih, cabai, terasi dan rempah lainnya sampai meresap, kemudian dipanggang. Biasanya disajikan dengan Plecing Kangkung yang pedas menyegarkan.


2.Ayam Balap Puyuh
Olahan ayam lain dari Lombok yang tidak kalah lezat adalah Ayam Balap Puyuh. Hidangan ini terdiri dari Ayam Goreng, Sayuran, Kelapa Parut Bumbu, Ayam Suwir Pedas, Kacang Kedelai Goreng dan dilengkapi dengan Sambal Terasi. Dihidangkan di atas daun pisang membuat hidangan ini sangat menggugah selera. 


3.Sate Rembiga
Dari Lombok juga ada sate, namanya Sate Rembiga. Dinamakan seperti itu disesuaikan dengan daerah asalnya, yaitu Desa Rembiga di Selaparang. Sate Rembiga merupakan daging sapi berbumbu, dipotong kotak kemudian ditusuk dan dibakar. 


4.Babalung
Babalung mempunyai arti tulang rusuk. Hidangan yang biasanya disajikan di pesta atau perayaan ini berasal dari tulang iga sapi atau kambing. Dibumbui dengan berbagai rempah hingga menghasilkan makanan lezat yang berkuah dan pedas, juga segar karena ada irisan lemon dalam Babalung.


5.Plecing
Plecing juga salah satu makanan Lombok yang terkenal. Sepiring Plecing terdiri dari bayam rebus (atau kangkung) yang dibumbui saus pedas. Tomat, cabai, terasi, bumbu seperti garam dan gula adalah bahan sausnya. Ada tambahan tauge, kelapa parut dan kacang tanah goreng di seporsi plecing. 

Sumber: indonesiatravel.id