5 Cara Mudah Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

5 Cara Mudah Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

Heboh kasus daging babi yang dijual sebagai daging sapi di Bandung, Jawa Barat, membuat masyarakat muslim yang tidak mengonsumsi daging babi karena hukumnya haram, menjadi khawatir. Pertanyaan bagaimana cara membedakan daging sapi dan daging babi pun kemudian muncul. 


Dr. Ir. Joko Hermanianto, staf pengajar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, memberikan penjelasan mengenai perbedaan daging babi dan daging sapi yang bisa dilihat secara kasat mata melalui 5 cara.


Berikut adalah 5 cara membedakan daging sapi dan daging babi:


1. Perhatikan Warna


Daging babi memiliki warna yang lebih pucat jika dibandingkan dengan daging sapi. Warna daging babi mendekati warna daging ayam. Namun perbedaan ini tak dapat dijadikan pegangan, karena warna pada daging babi  oplosan biasanya dikamuflase dengan pelumuran darah sapi. Selain itu, ada  bagian tertentu dari daging babi yang warnanya mirip sekali dengan  daging sapi sehingga sangat sulit membedakannya.


2. Perbedaan Serat 


Kita juga bisa membedakan daging sapi dan babi berdasarkan seratnya. Daging sapi memiliki serat-serat yang tampak padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas. Berbeda dengan daging babi yang sifat seratnya terlihat samar dan sangat renggang.  Perbedaan ini semakin jelas ketika kedua daging diregangkan bersama.




3. Elastisitas Lemak


Perbedaan lemak terdapat pada tingkat elastis. Daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis sementara lemak daging sapi lebih kaku dan berbentuk. Selain itu lemak pada daging babi sangat basah dan sulit dilepas dari dagingnya sementara lemak daging sapi agak kering dan tampak berserat. Namun, kita harus berhati-hati karena pada bagian tertentu seperti ginjal, penampakan lemak babi hampir mirip dengan lemak sapi.


4. Tekstur Kaku VS Kenyal


Dari segi tekstur, daging sapi memiliki tekstur yang lebih kaku dan padat  dibanding dengan daging babi yang lembek dan mudah diregangkan. Ketika kita memegangnya pun sudah terasa perbedaan yang nyata antara kedua daging. Tekstur daging babi sangat  kenyal. Sementara daging sapi terasa solid dan keras sehingga cukup sulit untuk diregangkan.

5. Aroma Khas


Daging babi memiliki aroma khas tersendiri sementara aroma daging sapi adalah anyir seperti yang telah kita ketahui. Segi bau inilah yang menjadi  senjata paling ampuh untuk membedakan daging sapi dan daging babi.  Berbeda dengan warna yang bisa dikamuflase dan dicampur, aroma kedua daging ini tetap dapat dibedakan. Sayangnya kemampuan membedakan  melalui bau ini membutuhkan latihan yang berulang-ulang karena  memang perbedaannya tidak terlalu signifikan.


Asri

Sumber Tulisan: www.halalmui.org

Sumber Foto: globalmeatnews.com