4 Alasan Mengapa Kota Fremantle di Australia Wajib Kamu Kunjungi

4 Alasan Mengapa Kota Fremantle di Australia Wajib Kamu Kunjungi

Mengunjungi Australia Barat tidak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke Fremantle. Sebuah kota yang berjarak hanya 25 menit perjalanan dari Perth ini akan membuat kamu seperti masuk dalam mesin waktu saat mengunjunginya. Mengapa Fremantle menjadi destinasi wajib kunjung? Ini dia alasannya!

 

1.    Kota Pantai

Fremantle ditemukan oleh Kapten Charles Howe Fremantle pada tahun 1829. Letaknya yang berada di “mulut” Swan River membuatnya menjadi kota pelabuhan yang paling sibuk di Australia Barat. Letaknya yang dekat dengan laut, menjadikan Fremantle surganya makanan laut yang segar. Makanan yang wajib dicoba saat mengunjungi kota tua ini. 

 



2.    Seperti Masuk Mesin Waktu

Saat berjalan menuju pusat kota Fremantle, kita akan merasakan suasana kota yang kuno. Deretan bangunan bergaya Victoria masih berdiri dengan megah dan terawat. Dari pelabuhan, jalan menuju William Street untuk melihat pusat kota. Di sepanjang jalan terdapat patung dan gravitiartsy. Ada patung anjing dengan tuannya, graviti belalang besar di sebuah gedung, pembatas jalan yang dicat warna-warni serta meja untuk olahraga tenis meja yang juga di cat warna-warni. 



 

3.    Wisata Angker

Setelah menikmati tenangnya pusat kota dan berfoto di depan Town Hall yang masih mempertahankan arsitektur zaman Victoria, perjalanan berlanjut menuju penjara Fremantle yang terkenal. Bangunan penjara yang masuk dalam World Heritage ini sangat megah dan ada kesan angker saat melihatnya. Suasana angker yang diberikan penjara membuat pihak pariwisata Fremantle mengadakan spooky tour. Kabarnya sih, di sekitar penjara dan terowongan bawah tanah yang berada di bawah penjara sering terlihat hantu gentayangan.



 

4.    Segudang Aktivitas Menarik

Selain kotanya yang cantik, di Freemantle juga sering diadakan berbagai kegiatan. Setiap musim selalu ada festival yang digelar. Mulai dari Freemantle Street Art, Freemantle Heritage Festival dan banyak lagi. 

 

Asri Mirza

Foto: Asri