3 Wisata Goa di Gunung Kidul yang Memicu Adrenalin

3 Wisata Goa di Gunung Kidul yang Memicu Adrenalin

Wisata itu banyak sekali jenisnya. Mulai dari wisata kuliner, wisata budaya dan banyak lagi. Bagi kamu yang menyukai petualangan, pasti menyukai wisata yang memicu adrenalin. Maka, wisata ke goa yang terletak di Gunung Kidul, sebuah kabupaten di tenggara Yogyakarta, pasti akan menjadi pilihanmu. Tunggu apalagi, inilah 3 wisata goa di Gunung Kidul yang akan memicu adrenalin kamu!




1.Goa Pindul

Goa Pindul menjadi salah satu objek wisata yang terkenal dari Gunung Kidul. Banyak sekali wisatawan dari Indonesia maupun luar Indonesia yang ingin merasakan sensasi menyusuri goa. Dengan menggunakan ban dalam, wisatawan akan menyusuri lorong sepanjang 300 meter dan lebar 5 meter ini. 


Di dalam goa, pengunjung akan melihat keindahan stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Ketika sampai di pintu keluar goa, pemandangan hijau yang cantik serta Bendungan Banyumoto yang merupakan peninggalan Belanda akan memanjakan mata para pengunjung. 




2.Goa Cokro

Goa Cokro, sering disebut juga Luweng Cokro, adalah goa vertikal dengan kedalaman 18 meter. Pengunjung yang akan masuk ke goa ini harus melalui lintasan vertikal di mulut goa berukutan 2x1 meter. Setelah melewati mulut goa yang sempit, pengunjung akan masuk ke goa setinggi 20 meter. 


Pengunjung diperlengkapi dengan peralatan lengkap dan aman. Masuk ke Goa ini sulit dan membutuhkan keberanian tinggi. Namun, akan terbayar dengan pemandangan perut bumi yang menakjubkan. 




3. Goa Jomblang

Goa Jomblang terbentuk akibat proses geologi  amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi pada ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk lubang. Ujung dari Goa Jomblang adalah Goa Grubuk yang memiliki kedalaman 90 meter. 


Di Goa Grubuk berdiri dua stalagmit berukuran  besar yang bentuknya aneh namun sangat keren. Apalagi stalagmit ini disinari cahaya matahari yang masuk dari mulut goa seperti cahaya ilahi saking indahnya. Berfoto dengan cahaya ilahi ini menjadi pose favorit para pengunjung. 


Asri

Sumber dan foto: booklet pariwisata Gunung Kidul