3 Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi!

3 Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi!

Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi. Apa saja?



1. Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang berada di pusat kota Cirebon. Dulunya, cagar budaya yang berdiri sejak tahun 1703 Masehi ini adalah sebuah taman sari atau tempat istirahat para Sultan Cirebon. Gua Sunyaragi memiliki luas 15 hektar yang terbagi menjadi dua kompleks, pesanggrahan dan bangunan gua. Ketika berkunjung ke sini, akan terasa sensasi keindahan seni arsitektur dari bangunan zaman dulu yang berpadu dengan pemandangan gunung Ciremai. Sebaiknya berkunjung ke Gua Sunyaragi pada sore hari ketika matahari tidak terlalu terik.



2. Alun-Alun Kejaksan

Setiap kota di Jawa Barat pasti memiliki ikon kotanya sendiri, seperti alun-alun. Nah, kota Cirebon juga memiliki alun-alun yang berada di tengah kota, namanya Alun-Alun Kejaksan. Sejak direvitalisasi tahun 2019 lalu, Alun-Alun Kejaksan punya wajah baru yang lebih bersih dan cantik. Dilengkapi dengan fasilitas lapangan terbuka dan pavilion upacara, jogging track, sarana bermain anak serta toilet membuat Alun-Alun Kejaksan jadi tempat wisata favorit yang murah meriah. Berkunjung ke sini, jangan lupa untuk berfoto di depan gapura utamanya yang berbentuk Candi Bentar yang ikonis.


 

3. Museum Batik Trusmi

Siapa yang tidak tahu Batik Trusmi? Pusat oleh-oleh khas Cirebon ini tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Cirebon. Namun, ada yang baru dari Batik Trusmi, sebelum masuk untuk berbelanja, pengunjung akan diarahkan terlebih dahulu ke pintu masuk museum. Museum Batik Trusmi menyuguhkan edukasi seputar batik yang jarang diketahui, seperti sejarah batik dan beragam jenis batik. 



Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan selfie dengan berbagai background batik yang unik atau topeng khas Cirebon. Setelah asyik menikmati museum, lanjutkan berbelanja oleh-oleh batik khas Cirebon, deh!


Foto: Mestika